Pernahkah merasa kesulitan mengajari bahasa Inggris pada
anak-anak Anda yang bersekolah di SD?
Saya mengalami
itu.
Materinya ketinggian, dan saya gak tahu dari mana mulai
mengajarkannya.
Bayangkan, belum diajarkan kata benda majemuk (plurals),
mereka sudah harus belajar these are…, those are ….Ini satu
contoh saja. Kalau pun sudah diajarkan bentuk plurals, materinya campur aduk
antara yang dengan akhiran s atau dengan es.
Dulu, zaman saya sekolah, bahasa Inggris itu mulai diajarkan
di tingkat SMP. Sekarang dari TK pun
sudah dikenalkan. Alhasil, sekarang anak kelas 3 sudah mulai diajarkan tenses.
Ck..ck..ck...bagus kalau anak bisa paham benar karena gurunya pintar mengajari,
tapi biasanya sih guru sekarang yang penting udah dikasih materinya. Urusan
paham atau tidak, itu urusan orangtua.
Beruntunglah saya
menemukan buku ini KNOW ENGLISH, ENJOY IT dan kebetulan juga bertemu
penulisnya, Ibu Rien, seorang ibu berumur 70an tahun yang begitu concern
dengan pengajaran bahasa Inggris saat ini. Beliau sangat gelisah, prihatin,
risau melihat materi bahasa Inggris yang diajarkan, cara pengajarannya,
termasuk kompetensi gurunya. Tidak heran beliau paham benar soal ini, karena
sehari-harinya memberikan les untuk anak-anak SD, SMP, SMA, bahkan
sampai anak kuliahan. Ibu Rien bilang, ”Sekarang ini semua orang ingin serba
instan, sampai pelajaran pun oleh dinas pendidikan dibuat instan. Yang penting
semua materi disampaikan, tanpa pernah memikirkan apakah materinya sesuai tingkat perkembangan anak, apakah anak benar-benar paham atau
tidak.” Parahnya lagi, lanjut beliau, guru-guru juga banyak mengajarkan hal
yang salah karena mereka tidak cukup kompetensi, dan apa yang diajarkannya
terbawa sampai anak dewasa. Untuk mengubah yang salah itu, butuh kerja ekstra
keras, karena nyatanya kesalahan itu sudah mendarah daging.
Karena
kegelisahannya itu pula, Ibu Rien membuat buku yang menurut saya sangat detil
dalam penyusunannya, sangat user friendly untuk anak-anak.
Yuk, kita lihat
isi buku KNOW ENGLISH, ENJOY IT yang dibuat dalam 4 seri berdasarkan tingkat
umur.
Saya ambil contoh
dari buku pertama.
Hal. 3
Kata-kata yang
pertama diajarkan adalah kata-kata yang dekat dengan keseharian anak-anak.Dengan
gambar yang jelas, full colour, sangat menarik minat anak. Ukuran,
bentuk huruf dan lay out halaman juga memudahkan anak untuk belajar tidak
seperti kebanyakan buku sekolah yang hurufnya kecil, penuh, dan layoutnya
kadang membingungkan anak untuk memahami isi.
Hal. 14-15
Di halaman 14 di
atas kita bisa melihat bagaimana penulis mengenalkan bentuk plurals
dengan s tanpa ada bentuk plural dengan es. Dengan
demikian anak tidak mengalami kebingungan karena pemahaman yang tumpang tindih.
Pengajaran tentang bentuk plural dilakukan secara bertahap.
Penulis juga
sangat mementingkan article a dan an sebagai penentu
jumlah benda. Kita lihat di halaman 15, semua pengenalan kata benda selalu
dengan article a atau an. Kata penulisnya, mendisiplinkan dan membiasakan anak menggunakan bentuk singular dan plural amat penting, mengingat dalam bahasa Inggris ini ada kaitannya dengan penggunaan kata kerja.
Hal. 18-19
Latihan di buku
ini sangat memudahkan anak untuk mengerjakan dan juga untuk memahaminya. Selain
bentuknya diulang-ulang, titik-titiknya memudahkan anak berpikir berapa kata
yang harus ia tuliskan.
Untuk kata-kata
baru dan kata yang berisiko diucapkan salah, selalu ada phonetic symbol atau
simbol fonetik di bawah katanya. Kalau bingung bagaimana cara membaca
simbol-simbol itu, tak perlu khawatir ada panduannya di halaman akhir.
Bagaimana,
tertarik untuk mengujicobakan buku ini kepada anak?
Kalau beli buku Know English n Enjoy It dimana ya???
BalasHapusMaafkan baru respon... seri ini sayang sekali sudah out of stock di gramedia. Coba cari di bbrp e-commerce biasanya msh ada yg suka jual.
BalasHapus