Senin, 28 November 2011

Kumpulan Cerita Anak oleh Hilda Boswell

Salah satu kenangan indah masa kecil saya adalah membaca buku Kumpulan Cerita Anak karangan Hilda Boswell yang diterbitkan Penerbit Gramedia Pustaka Utama sekitar tahun 1980an. Judul aslinya adalah Treasury of Children Stories by Hilda Boswell. Beberapa masih tersedia di Amazon.com.

Kumpulan Cerita Anak Hilda Boswell yang pertama kali saya punya, didapat ketika saya SD.  Entah di mana buku itu berada sekarang. There must be somewhere in my messy house :)

Teringat buku yang sangat indah ini ketika mulai punya anak dan butuh buku-buku bagus untuk dibacakan saat mereka ingin tidur, saya mencoba mencarinya. Dua tahun lebih mencari yang bekas versi Indonesia, akhirnya bulan lalu saya berhasil mendapatkannya. Lucky me, karena biasanya saya selalu keduluan orang lain. Rasanya sungguh excited mendapatkan buku ini. Jadi seperti anak kecil yang punya barang baru, kemana-mana inginnya dibawa.  

Inilah penampakan buku Boswell itu. Masih lengkap halamannya walaupun tidak 100% mulus. Ada kerut di sana sini pada sampulnya yang langsung saya plester supaya tidak segera sobek.     


Kenapa saya sampai segitu terkenang-kenangnya dengan buku ini?

Ilustrasi Boswell benar-benar indah, tampak hidup, dan membawa imajinasi kita mengelana.

Lihatlah ilustrasi kisah yang menceritakan tokoh Tom, anak laki-laki pembersih cerobong asap yang akhirnya menjadi penghuni air dengan insang di bahunya. Ia tampak amat bersih, segar, dan gembira. Lihat juga ilustrasi dongeng yang diambil dari kisah 1001 malam, putrinya begitu cantik dengan pipi kemerahan. 


Waktu kecil saya mengira anak lelaki yang begitu malang dalam cerita Jalan Menuju Dover memang ada. Saya begitu sedih membaca nasibnya yang berjalan jauh tanpa makan, dan selalu disakiti orang dewasa. Cerita-cerita dalam buku ini walaupun sebagian merupakan cuplikan dari cerita-cerita terkenal seperti Putri Salju, Narnia, bisa memberikan kedalaman yang lain.


Sampai kapan pun rasanya gak akan bosan membaca dan melihat-lihat buku Boswell ini. Tapi, sayangnya ketika membacanya sekarang, ada kata-kata yang menurut saya kurang pas untuk anak-anak, kurang sopan. Dan satu lagi kekurangannya, terlalu panjang, kurang efektif kalimatnya.

Walaupun demikian, buku Boswell ini tetap akan menjadi salah satu buku favorit saya sepanjang masa.   

  

7 komentar:

  1. hola hola.... ada info dimana bisa dapet buku ini, saya udah nyari kmana2 belum ktemu, sampe ngubek2 lapak buku bekas di berbagai daerah ga dapet juga.
    Thx before n salam kenal
    - iloel - Bogor

    BalasHapus
  2. Hola, salam kenal iroel. Buku ini emang susah bgt dapetinnya. Coba deh rajin-rajin browsing. Kadang-kadang ada yg jual online. Aku dulu juga beli online. Untung-untungan aja. Di sini http://dinabegum.com/2011/10/22/kumpulan-cerita-anak-anak/ kamu bisa unduh soft copynya lho. (izin copas link ya, mbak Dina)

    BalasHapus
  3. halo...salam kenal...aku sjafrida...kayaknya kita seusiaan ya...soalnya baca buku yg sama waktu SD...mau nanya...dapat dr mana ya buku hilda boswell itu...aku jg udh lama cari kemana2...makasih

    BalasHapus
  4. Saya jg nyariin... Karena sangat terkesan degn ilustrasinya

    BalasHapus
  5. Mbak saya udah ke link mbak dina begum tapi nggak bisa diunduh lagi.. Mbak masih punya kah softcopy hilda boswell ini? Kalo ada mau dong mbak.. Makasih yaa ini email saya debayunyu@gmail.com

    BalasHapus
  6. Salam kenal semua,kayaknya kita seumuranan ya kalo buku fav sama.. ya g punya soft copynya boleh dong bagi ke saya di lindariyanti13@gmail,com, trims😊

    BalasHapus
  7. Buat yang butuh soft filenya, bisa ke blognya Mba Dina Begum, ya.
    https://dinabegum.com
    Maaf nih, baru bisa balas komennya krn smpt lupa psswrd :)

    BalasHapus

  Artikel Tayang  Mencoba menulis artikel advertorial... ternyata gak mudah bikin bridging yang smooth.  Setidaknya sudah memaksa diri. Yuk,...